Tuesday, July 2, 2013

Logo: Kenapa harus simpel?

Salah satu tips agar kita dapat menghasilkan logo yang efektif, yaitu dengan membuat logo tersebut simpel. Kenapa harus simpel? Silakan simak artikel ini sampai habis :)

"Ramainya" logo-logo kota di Indonesia

Pernah perhatikan logo-logo kota / daerah di Indonesia? Apa yang terlintas dipikiran kamu? Ramai? Yup. Logo-logonya itu gak jauh-jauh dari padi, kapas, rantai, timbangan dan lain-lain. Semua unsur-unsur tersebut dikumpulin jadi satu untuk menjadi sebuah logo / lambang. Emang sih, unsur-unsur tersebut ada filosofinya. Tapi jadi enak gak dilihatnya? Gue pribadi sih nggak. Padahal kalau logonya dibikin simpel, pasti jadi bagus dan juga jadi gampang diingat.

Kenapa logo harus simpel?

Gak harus sih, tapi lebih baik simpel. Kalau pun mau agak sedikit kompleks juga gak masalah. Ya asal tetap enak dilihat.

Jadi, logo dibikin simpel itu dengan maksud agar mudah dikenali, mudah diingat, berkesan dan efektif dalam penyampaian pesan dalam logo tersebut. Jadi, kalau ada logo yang kelihatannya simpel, hanya menggunakan 1 warna aja, 1 gambar aja dan lain-lain bukan berarti si desainernya malas ngedesain. Soalnya desain yang bagus itu bukan berarti harus tampil dengan kesan yang "wah" aja, tapi bagaimana pesannya dapat tersampaikan ke audiens.

Kesuksesan logo simpel

2 contoh logo simpel yang efektif
Logo simpel yang sukses diingat oleh semua orang didunia itu banyak. Contoh kecilnya coba lihat logo Nike. Cuma modal gambar yang hampir menyerupai "checklist" aja (tanpa tulisan "Nike"), pasti kita udah tahu nama perusahaan yang pakai gambar itu sebagai logonya. Iya kan? Ada lagi logo McDonald, huruf "M" nya yang lumayan unik berhasil membuat kita ingat bahwa huruf "M" yang seperti itu milik McDonald.

Jadi, salah satu tips agar logo yang kita buat bagus, adalah dengan menyederhanakan logonya, jangan dibikin terlalu kompleks.

Oiya, kalo lagi butuh inspirasi desain-desain logo yang simpel, silakan cek link dibawah ini :) :
- Beautiful and Simple Logos for your Delight
- Effective Simple Logo Design For Your Inspiration
- 40 Beautiful, Simple Logos for Inspiration

1 comments:

  1. baca2 di blog panjenengan mas,
    dapat ilmu baru nih, kebetulan saya baru belajar desain
    makasih mas :D

    ReplyDelete