Wednesday, July 10, 2013

Masih Mau Pakai Software Logo Maker?


Munculnya software logo maker ini menurut Saya adalah salah satu dari kemunduran desain. Dimana membuat logo tidak harus mengurusi hal seperti filosofi logo, psikologi warna, prinsip desain dan lain-lain. Yang penting logo keren, beres cepat dan hemat budget.

Sebetulnya Saya sangat tidak menyarankan untuk menggunakan software logo maker ini. Apalagi untuk perusahaan-perusahaan yang besar. Kenapa? Ini dia alasannya:

1. Logo yang dihasilkan tidak original

Ini udah jelas. Bayangkan aja, shape atau bentuk yang ada dalam software-software itu terbatas. Dan, pemakai software ini sudah pasti berjuta-juta. Maka peluang logonya tidak original sangat besar. Yah... yg membuat logo secara manual saja masih ada kemungkinan sama dengan yang lain, apalagi yang menggunakan software seperti ini?

2. Logo yang dihasilkan tidak mempunyai pesan

Sangat sulit untuk memasukan pesan dalam logo menggunakan software tersebut. Karena kita hanya memilih gambar yang sudah disediakan dan memasukan text dalam software tersebut. Berbeda jika kita membuatnya manual, kita dapat dengan bebas membuat bentuk sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

3. Kebanyakan desainnya tidak profesional

Kenapa pakai "kebanyakan"? Karena Saya akui beberapa desainnya memang terlihat keren dan profesional. Tapi tetap saja hal tersebut terbentur point 1 dan 2 yang telah Saya sebutkan.

Solusi

Jika memang membutuhkan logo namun belum mempunyai skill untuk membuatnya, cobalah minta kepada desainer-desainer profesional, lebih bagus lagi yang memang spesialis dibidang brand identity. Di dunia ini banyak desainer-desainer yang siap membuat "wajah" perusahaan Kamu menjadi lebih baik. Dan tentunya menghasilkan karya yang original juga.

4 comments:

  1. mendesain juga harus punya kreatifitas yang bagus yaa, ane bikin logo jelek amat, simpel banget.. hehehe.. :p
    logo blog ane ada di homepage om :)

    ReplyDelete
  2. Untuk perusahaan2 besar saya yakin tidak akan menggunakan software logo maker untuk membuat logo perusahaan mereka. Yang pasti mereka akan membayar desainer logo profesional.

    ReplyDelete
  3. Setuju, desain logo harus unik jadi jangan pakai software logo

    ReplyDelete
  4. saya baeru dengar software yang satu ini, benar apa yang disampaikan di atas, kreatifitas dan pesan logo tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada orang lain

    ReplyDelete